Haedar Nashir Harap Pandemi Bisa Melahirkan Ukhuwah

 Haedar Nashir Harap Pandemi Bisa Melahirkan Ukhuwah


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ketua Umum PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah, Haedar Nashir berharap wabah pandemi virus Corona atau Covid-19 bisa mendorong umat Islam bisa menumbuhkan rasa ukhuwah serta kebersamaan antar sesama untuk saling menolong satu sama lain.

“Pandemi ini harus melahirkan gerakan ukhuwah dan taawun, rasa persatuan dan kebersamaan sekaligus panggilan untuk menolong orang lain,” kata Haedar Nashir dalam keterangannya dikutip Senin (18/5/2020).

Untuk itu, ia meminta umat Islam khususnya warga Muhammadiyah untuk tidak ikut pada perdebatan yang kurang produktif. Haedar menyebut semua pihak bisa ikut berperan dalam ikut memutus mata rantai penyebaran Corona.

“Setidaknya jika tidak bisa mengurangi beban, paling tidak kita tidak menambah beban dengan cara memutus rantai penularan,” sambungnya.

Ia mengatakan, musibah pandemi bisa dijadikan hikmah untuk memperkaya pemikiran wawasan keilmuan dalam membaca ayat-ayat semesta. Harus ada empati pada orang lain.

“Pandemi ini harus membuat cakrawala keilmuan orang Muhammadiyah yang burhani, bayani, dan irfani mencerahkan dan memberikan solusi,” ujarnya.

“Kita sebagai umat beriman dan warga Persyarikatan agar semakin memperkuat dan memperkokoh keimanan kita pada Allah dan mempertajam hati kita untuk menjadi insan yang semakin berilmu dan beramal salih,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply