Gus Mus Ajak Ikhtiar Batin Untuk Hadapi Corona

 Gus Mus Ajak Ikhtiar Batin Untuk Hadapi Corona

KH. Ahmad Musythofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus mengingatkan masyarakat, selain melakukan upaya medis untuk juga melakukan ikhtiar batin.

HIDAYATUNA.COM – Kabar terkait virus Corona nampaknya menjadi pemberitaan yang terus menerus bergulir belakangan ini. Virus asal Wuhan, Cina yang kini mewabah di berbagai Negara di dunia ini membuat aktivitas masyarakat di berbagai Negara lumpuh, karena pemerintah harus memberlakukan lockdown diberbagai sektor demi memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Minggu 15 maret lalu, dalam keterangan persnya Presiden Joko Widodo secara resmi meminta segenap masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Corona. Presiden menghimbau agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah,” ujar Jokowi.

Berbagai lembaga telah mengupayakan dan menyerukan berbagai hal terkait pencegahan.

KH. Ahmad Musythofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus melalui akun Instagram, beliau mengingatkan kepada masyarakat, bahwa selain melakukan upaya medis untuk juga melakukan ikhtiar batin.

Dalam postingan yang beliau unggah pada Senin (16/3/20), Kiai yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut menuliskan caption bahwa sebagai hamba–hamba yang beriman, ikhtiar batin tersebut tidak boleh dilupakan selain terus melakukan ikhtiar lahir.

“Menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip ‘kepanikan umum’). Tetapi sebagai hamba-hamba yang beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus,” papar Gus Mus melalui akun Instagram @s.kakung.

Menurut Gus Mus ikhtiar batin tersebut dapat dilakukan umat islam di antaranye dengan senantiasa menyempurnakan wudlu, membaca doa ketika akan bepergian dari rumah, selalu berwirid atau melafalkan nama Allah, senantiasa bershalawat serta berdoa.

Melalui postingan tersebut Gus Mus juga menuliskan doa-doa yang dapat dibaca untuk melindungi diri dari wabah tersebut seperti, doa berikut ini yang baiknya dibaca 3X sehabis shubuh dan maghrib, juga saat akan keluar rumah :

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فىِ اْلاَرْضِ وَلاَ فىِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ

(AS/Hidayatuna.com)

Baca Juga: Aktivis Anti-ekstremis Protes Pelanggaran HAM Terhadap Muslim Uighur

Redaksi

Terkait

Leave a Reply