Gus Hilmy: Lomba Video Kreatif Angkat Nilai Kearifan Lokal

 Gus Hilmy: Lomba Video Kreatif Angkat Nilai Kearifan Lokal

Gus Hilmy: Lomba Video Kreatif Angkat Nilai Kearifan Lokal

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Rumah Aspirasi Gus Hilmy baru-baru ini menggelar Lomba Video Kreatif. Kegiatan berlangsung setiap menjelang hari Raya Idul Fitri dan telah memasuki putaran ketiga sejak tahun 2020.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba ini menarik antusiasme ratusan peserta dari berbagia daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri. Dr. H. Hilmy Muhammad mengatakan lomba ini salah satu media siar Islam dengan mengangkat kearifan lokal di masing-masing daerah dalam suasana bulan Ramadan.

“Kita memiliki kearifan lokal yang sangat kaya, utamanya dalam suasana Ramadhan. Masing-masing memiliki keunikan. Lomba ini sebagai upaya mendorong masyarakat, terutama kaum milenial, agar lebih mengenalkan budaya masing-masing. Melalui kreativitas yang dimiliki dan kemudian mengkampanyekan di media sosial,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tersebut.

Lomba Video Kreatif mengambil tema “Ramadan di Kampung Halaman”, banyak peserta yang turut serta memeriahkan acara tersebut. Menurut Senator asal Yogyakarta itu, menjadi tanda bahwa kaum milenial masih cukup kental dengan budayanya.

“Di satu sisi siar agama semakin marak, di sisi lain, siar budaya juga semakin kuat. Inilah di antara kekuatan kita sebagai sebuah bangsa,” ujar pria yang juga Katib Syuriah PBNU tersebut.

Lomba yang dibuka pada tanggal 1 hingga 20 April 2022 tersebut mengambil dua kategori, yaitu video kreatif dan video talkshow. Gus Hilmy sendiri bertindak sebagai juri untuk menilai setiap video peserta bersama dengan tokoh-tokoh penting di Yogyakarta. (rel/pc)

Dari hasil penjurian, berikut pemenang untuk kategori Video Kreatif:

Juara I : Fajar Safii dengan judul “Takjil Isitimewa”.

Juara II : Rahmad Is Nugroho dengan judul “Ngabekti”.

Juara III : Muhammad Ircham Dhiya Ulhaqq dengan judul “Tradisi Masjid Saka Tunggal”.

Sementara untuk kategori Video Talkshow berikut daftar pemenangnya:

Juara I : Aulia Rahman (@auliaarhmnn_) dengan judul “Ramadhan di Kampung Halaman”.

Juara II : Ahmad Ridani dengan judul “Tadarus Alquran”

Juara III : Ramadhani Putra dengan judul “Ngabuburit”.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply