Gereja-gereja Minnesota Berikan Dukungan untuk Muslim yang Jalankan Puasa

 Gereja-gereja Minnesota Berikan Dukungan untuk Muslim yang Jalankan Puasa


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dewan Gereja-Gereja Minnesota, sebuah negara bagian Amerika Serikat mengajak semua anggotanya, baik sebagai gereja maupun individu, untuk menunjukkan toleransi kepada tetangga mereka yang Muslim. Khususnya selama bulan Ramadan.

Sikap toleransi mereka ini ditunjukkan dengan memasang poster di halaman rumah mereka yang berbunyi “Blessed Ramadan” atau “Terberkatilah Ramadan.”

Dilansir dari VOA Indonesia, kampanye tersebut dilakukan Gereja-Gereja Minnesota untuk menunjukkan pada tetangga yang beragama Islam bahwa mereka memang berada di sini, menjadi bagian integral masyarakat.

Direktur Program dan Komunikasi Dewan Gereja-Gereja di Minnesota, Pendeta Jerad Morey mengatakan bahwa sejak tahun 2005, pihaknya juga mengadakan acara “Taking Heart Iftar Dinner.”

“Selama bulan Ramadan kami bermitra dengan masjid-masjid di wilayah ini dengan mengundang warga non-Muslim untuk berbuka bersama, yakni iftar setelah matahari terbenam,” kata Jerad Morey dikutip Selasa (12/5/2020).

Dalam acara buka bersama tersebut lanjut dia, masjid-masjid memberikan ceramah mengenai agama Islam. Warga non-Muslim diundang untuk mengamati salat taraweh, dan mereka makan bersama setelah salat.

“Semuanya untuk mengembangkan hubungan bertetangga yang baik antara Muslim dan non-Muslim di Minnesota,” jelasnya.

Soal pemasangan poster “Blessed Ramadan”, lanjut Jerad Morey sebenarnya dilakukan sejak 2016. Mereka membagikan poster halaman kepada semua gereja anggotanya dan pihak-pihak yang ingin ikut menyambut para tetangga Muslim.

“Namun, untuk Ramadan tahun ini, karena berbagai pembatasan terkait pandemi virus corona, pembagian secara fisik ditiadakan,” ungkapnya.

Sebagai gantinya, pihak Gereja Minnesota menyarankan agar gereja-gereja dan individu-individu mendaur ulang poster “Blessed Ramadan” dari tahun-tahun sebelumnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply