Ganjar Sarankan Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di RPH

 Ganjar Sarankan Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di RPH

Ganjar Sarankan Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di RPH

HIDAYATUNA.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan kepada masyarakat yang hendak menyembelih hewan kurban agar lebih baik menggunakan jasa Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Menurut Ganjar, pemotongan hewan kurban di RPH selain dapat menghindari terjadinya kerumunan, juga akan membuat proses pembagian hewan kurban lebih praktis karena pihak RPH biasanya sudah menyiapkan kemasan besek yang memudahkan dalam pembagian.

“Akan baik kalau kemudian kita menggunakan RPH saja, Kalau itu RPH relatif sehat dan RPH kita ternyata sudah siap dalam bentuk besek, tinggal mau berapa dan dibagi dalam jumlah berapa. Maka ini saran saya agar nanti tidak terjadi kerumunan,” ujar Ganjar dalam keterangan resminya, dikutip hidayatuna.com, Minggu (26/6/20).

Sebelumnya ganjar mengingatkan dalam proses pemotongan hewan kurban agar panitia kurban memperhatikan dan menyiapkan terlebih dahulu berbagai hal terkait protokol kesehatan.

Ganjar mengimbau masyarakat agar perayaan Idul Adha 2020 dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana telah diterbitkan Kementerian Agama maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta pemerintah daerah setempat.

“Imbauannya, kalau aturan dari Kemenag sudah ada. Sekarang yang kita sampaikan kepada warga agar hati-hati pada saat menyembelih (hewan) kurban karena biasanya ada kerumunan,” kata Ganjar.

Diberitakan sebelumnya bahwa MUI Jateng bersama Baznas Jateng bahkan berencana membagikan daging kurban dalam bentuk kalengan yang akan dikirimkan secara langsung kepada penerima dengan harapan menghindari kerumunan masyarakat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply