Fenomena Alam, Puasa Tahun Ini Asteroid Dekati Bumi

 Fenomena Alam, Puasa Tahun Ini Asteroid Dekati Bumi


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Menjalani bulan puasa Ramadhan tahun ini, ada hal yang berbeda dengan puasa-puasa sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada bulan puasa tahun ini akan fenomena alam yang langka.

Dimana di bulan Ramadhan tahun ini, sebuah fenomena alam muncul yakni berupa fenomena asteroid yang mendekati bumi.

Dikabarkan asteroid bernama asteroid (52768) 1998 OR2 yang memiliki diameter 1,8 km hingga 4,1 km dikabarkan akan mendekati bumi pada 29 April 2020 mendatang. Yakni tepat di bulan puasa.

Dilansir Okezone, Kamis (16/2/2020) Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengklasifikasikan akan kedatangan asteroid tersebut disebut memiliki potensi berbahaya. Akan tetapi bukan berarti asteroid dapat membuat bumi dalam keadaan terancam, pasalnya ukuran batuan asteroid itu tidak terlalu besar berdasarkan kriteria tertentu dalam skema klasifikasi agensi.

Sementara itu dikutip dari laman International Business Times, Selasa (17/4/2020), asteroid yang dinamakan 2020 EF ini terus dalam pemantauan. Kemudian tengah diawasi oleh Center for Near Earth Object Studies (CNEOS).

Menurut CNEOS saat ini asteroid tersebut sedang menuju Bumi dengan kecepatan 16.000 Km/jam. Diameternya pun tidak terlalu besar dan tidak akan membahayakan keselamatan bumi, tidak akan meninggalkan kawah meteor.

Asteroid ini dinamakan Aten atau jenis asteroid yang orbitnya melintasi jalur bumi. Saat sedang meluncur dalam perjalanannya batuan tersebut akan terpecah-pecah, yakni saat melintasi atsmosper bumi dan meledak di langit.

Itu artinya selama menjalankan ibadah bulan puasa Ramadhan tahun ini, umat muslim akan diwarnai oleh fenomena alam. Sebagai informasi, awal bulan puasa Ramadhan tahun ini diperkirakan masuk pada tanggal 23 April 2020 malam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply