Fatayat NU Pundong Bagikan Sembako untuk Dhuafa

 Fatayat NU Pundong Bagikan Sembako untuk Dhuafa

HIDAYATUNA.COM – Pengurus Anak Cabang  Nahdlatul Ulama (PAC-NU) Fatayat Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta, menggalang donasi solidaritas dan membagikan sembako kepada masyakarat dhuafa pada Minggu (17/5/2020). Hal itu dilakukan menindaklanjuti dinamika sosial ekonomi warga terdampak Covid-19 memang memprihatinkan.

“Kami menyadari ikhtiar terbaik perlu dilakukan demi bisa membantu sejumlah kalangan yang terimbas pandemi Covid-19. Pembagian sembako ini dibagikan kepada warga miskin yang belum menerima sama sekali bantuan dari pemerintah.” demikian ungkap Indri Nurmala Dewi, pengurus Fatayat NU Pundong.

Menurutnya pembagian bahan makanan pokok bukan satu-satunya solusi, namun salah satu upaya penting dalam situasi saat ini untuk mengurangi penderitaan masyarakat.

“Kita berusaha menyalurkan bantuan dengan tepat sasaran, sebab aliran bantuan dari pemerintah juga sudah ada. Untuk itu kita betul memetakan data-data bantuan yang sudah ada, agar tidak bertumpuk pada satu penerima. Untuk itu perlu sinergi dengan banyak pihak, juga saling koordinasi dengan organisasi sosial lainnya supaya pemberian bantuan tidak bertumpuk.” terang Indri Nurmala Dewi.

Di kesempatan terpisah, hal senada juga disampaikan oleh Ketua Satgas NU Pundong Peduli Covid-19, Jarot Mujikaryanto, ketika penulis hubungi. Dalam amatannya, bahwa bantuan dari pemerintah tersalur dari berbagai jenis. Meski dijumpai ada data ganda atau tumpang tindih.

Kalau kita amati, berbagai jenis bantuan dari pemerintah yang dikucurkan kepada masyarakat ternyata banyak saluran. Sebut saja dari bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dari sumber pemerintah pusat hingga pemerintah desa.

Jarot menyatakan setidaknya ada tujuh saluran bantuan dari pemerintah yang telah dinikmati masyakarat. Yaitu 1) PKH, 2) BPNT, 3) BLT Dana Desa,  4) BLT Kemensos, 5) BLT APBD, 6) Sembako APBN, dan  7) Sembako APBD.

Kegiatan pembagian sembako yang diselenggarakan oleh Pengurus Fatayat NU Kecamatan Pundong itu disalurkan di tiga desa dalam wilayah Kecamatan Pundong, yakni desa Panjangrejo, Seloharjo, dan Srihardono.

Ketua PAC Fatayat NU Pundong Amin Fitriyah,  mengatakan bahwa data-data penerima telah ditentukan sebelumnya. Ketika pendistribusian sembako, pengurus berbagi kelompok wilayah.

“Ada yang menyalurkan ke desa Panjangrejo, sebagian lainnya menyalurkan ke desa Seloharjo dan Srihardono. Kegiatan pembagian ini disengkuyung sekurangnya ada lima belas orang pengurus Fatayat yang terlibat.” Ungkap Amin Firiyah. (Kontributor: Markaban Anwar)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply