Erdogan Mengutuk Intervensi Israel di Masjid Al-Aqsha

 Erdogan Mengutuk Intervensi Israel di Masjid Al-Aqsha

Erdogan Mengutuk Intervensi Israel di Masjid Al-Aqsha (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk intervensi Israel terhadap jemaah di masjid Al-Aqsha Yerusalem. Setidaknya 152 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi anti huru-hara Israel di dalam wilayah tersebut, Jumat (15/04/2022).

“Saya sangat mengutuk intervensi Israel terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsa,” cuit Erdogan di akun Twitternya.

“Turki selalu mendukung Palestina,” tambahnya.

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/04) Erdogan mengatakan dia telah membahas perkembangan di Al-Aqsa dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres.

Erdogan mengatakan intervensi dan provokasi Israel tidak bisa diterima. Erdogan dan Antonio Guterres juga membahas kemungkinan langkah bersama untuk perdamaian regional.

Turki telah meluncurkan berbagai inisiatif di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi. Untuk Kerjasama Islam (OKI) terhadap tindakan Israel kepada Palestina dan kebijakannya mengenai Yerusalem dan statusnya.

Kompleks Al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967. Dikenal oleh umat Islam sebagai al-Haram al-Sharif, atau Suaka Mulia, dan bagi orang Yahudi sebagai Kuil Gunung.

Ketegangan tahun ini telah meningkat karena berbarengan dengan bulan suci Ramadhan dan perayaan Paskah Yahudi.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply