Dua Hal ini Penyebab Doa Seseorang Tidak Mustajab

 Dua Hal ini Penyebab Doa Seseorang Tidak Mustajab

Dua Hal ini Penyebab Doa Seseorang Tidak Mustajab

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kedudukan doa sangat tinggi bagi seorang muslim. Sebab doa adalah benteng perisai yang ampuh bagi umat Islam. Namun ada beberapa hal penyebab mengapa doa seorang muslim tidak mustajab.

Ibn Qayyim dan Ibn Athaillah dalam bukunya berjudul “Rahasia Doa Mustajab: Kiat Agar Permohonan Kita Diperkenankan Allah” menjelaskan ada dua penyebab doa seseorang tidak mustajab.

Pertama doa orang yang hatinya senantiasa lalai dan alpa. Kedua adalah doa orang yang memakan makanan haram.

Dua hal ini disebutkan oleh Ibn Qayyim dan Ibn Athaillah sebagai sebab doa kita menjadi lemah dan tidak mustajab.

“Ketahuilah, Allah SWT tidak menerima doa dari kalbu yang lalai dan alpa. Doa adalah obat ampuh yang bisa melenyapkan penyakit, tetapi lalainya kalbu dari Allah membuat doa kehilangan kekuatan,” ungkap Ibn Qayyim dan Ibn Athaillah di halaman 18 dikutip Hidayatuna.com, Sabtu (8/8/2020).

Ia kemudian menambahkan, “Memakan barang haram pun melemahkan dan menghilangkan kekuatan doa,” sambungnya.

Ibn Qayyim dan Ibn Athaillah mengutip sebuah hadist. Muslim meriwayatkan dari Abu Hurayrah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai manusia, Allah Mahabaik; Dia tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukmin apa yang diperintahkan-Nya kepada Rasul.”

Dia berfirman, “Wahai para Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal saleh! Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan” dan berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki baik-baik yang Kami berikan kepada kalian.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply