Doa Saat Cuaca Dingin, Hujan dan Panas yang Ekstrem

 Doa Saat Cuaca Dingin, Hujan dan Panas yang Ekstrem

Doa Saat Cuaca Dingin, Hujan dan Panas yang Ekstrim

HIDAYATUNA.COM – Beberapa hari terakhir BMKG memperingatkan akan terjadinya hujan lebat di beberapa daerah, belum lagi kita memasuki bulan Agustus yang identik dengan cuaca panas menyengat.

Terkait potensi cuaca hujan atau panas ekstrim yang sering melanda indonesia, tidak ada salahnya bagi kita untuk mempersiapkan diri baik persiapan fisik maupun persiapan batin/rohani.

Sebagai muslim persiapan batin/rohani ini tidak lain ada berbagai macam ibadah berupa dzikir, wirid atau doa.

Terkait hal tersebut kali ini kami akan membagikan sebuah dzikir doa dari Sulthonul ‘Alim Habib Salim bin Abdullah As-Syatiri. Habib Salim berkata :

من قال في يوم شديد البرد لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ بَرْدَ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَمْهَرِيرِ جَهَنَّمَ إلا كفاه الله شر هذا البرد ومثلها في الحر لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَرِّ نَارِ جَهَنَّمَ …لم يضرك حر هذا اليوم

“Barang siapa yang membaca di hari yang sangat dingin (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa dinginnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sangat dinginnya neraka jahanam.” Maka ALLAH SWT akan menjaga dari bahaya dingin disaat itu.”

“Dan barang siap yang membaca di hari yang sangat panas (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa panasnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung padamu dari panasnya api jahanam.” Maka ALLAH SWT akan menjaga dari bahaya panas di saat itu”

Bacaan Dzikirnya

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa dzikir ini terbagi menjadi dua, yaitu dzikir saat terjadi hujan atau cuaca dingin yang ekstrim dan dzikir saat terjadi panas yang ekstrim.

Doa saat terjadi cuaca dingin yang ekstrim :

لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ بَرْدَ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَمْهَرِيرِ جَهَنَّمَ

Laailaha Illallah Maa Asyadda Barda hadzal yaumi. Allahumma Innii a’uzubika min zamhariri jahannam

Doa saat terjadi cuaca panas yang ekstrim :

لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَرِّ نَارِ جَهَنَّمَ

Laailaha Illallah Maa Asyadda Harra hadzal yaumi. Allahummah Inni a’uzubika min harri naari jahannam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply