Doa Menyambut Bulan Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

 Doa Menyambut Bulan Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Nuzulul Quran dan Lailatul Qadr (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Lebih indah dari bulan-bulan mulia lainnya, umat Muslim begitu antusias dan bergembira menyambut bulan Ramadhan. Ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca ketika memasuki bulan Ramadhan.

Memang dalam Islam, setiap awal bulan selalu memiliki doa-doa tersendiri, begitupun dengan Ramadhan. Doa itu sebagai bentuk permohonan kepada Sang pencipta agar menghindarkan dari bahaya dan bencana maupun untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. hingga memohon keselamatan di bulan tersebut.

Bulan Ramadhan sendiri memiliki dua tahrib, yakni tarhib sebelum Ramadhan di bulan Syaban dan tarhib saat Ramadhan tiba. Tahrib ini bertujuan agar saat menerima Ramadhan hati kita menjadi lapang karena secara bahasa, tarhib berarti luas, lapang dan lebar.

Dengan begitu kita pun bisa lapang dalam menunaikan segala sesuatu yang diperintahkan saat Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah Saw telah menuntun umatnya untuk meluaskan dan melapangkan hati dengan satu doa.

Doa Ramadhan ini juga terdapat dalam hadis At-Tirmidzi no 3.451 sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ  وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ  رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Doa tersebut dapat diamalkan sebelum Maghrib. Semoga Ramadhan 1443 H ini dapat menjadi ladang pahala bagi kita dan senantiasa lapang hatinya sampai Ramadhan tahun yang akan datang.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply