Doa Berbuka Puasa Riwayat Anas bin Malik Ini Dapat Menghapuskan Seluruh Dosa

 Doa Berbuka Puasa Riwayat Anas bin Malik Ini Dapat Menghapuskan Seluruh Dosa

HIDAYATUNA.COM – Selama ini kita telah mengetahui bahwa doa berbuka puasa yang masyhur diketahui oleh masyarakat adalah doa berikut :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘ala rizqika afthartu Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Namun ternyata ada doa berbuka puasa versi yang lain dari sahabat Anas bin Malik yang tertulis dalam kitab Jami’us Shaghir karya Imam Jalaluddin As Suyuti. Dalam Hadis ini bahkan disebutkan bahwa siapa yang membaca doa ini saat berbuka puasa maka seluruh dosanya akan dihapuskan sebagaimana bayi yang baru dilahirkan. Subhanallah

عن أنس عن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال: ما من مسلم يصوم ويقول عند إفطاره : يَا عَظِيمُ يَا عَظِيمُ أَنْتَ إلَهِي لَا إلَهَ غَيْرُك اغْفِرْ لِي الذَّنْبَ الْعَظِيمَ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذَّنْبَ الْعَظِيمَ إلَّا الْعَظِيمُ، إلا خرج من ذنوبه كيوم ولدته أمه

Artinya : “Dari Anas bin Malik dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim berpuasa lalu mengucapkan ketika dia berbuka: “Wahai Yang maha Agung, Wahai Yang maha Agung, Engkaulah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa besarku. Karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa yang besar melainkan engkau Yang Maha Agung”, melainkan ia akan keluar daripada dosa-dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan ibunya”.

“Rasulullah melanjutkan sabdanya: “Ajarkanlah doa tersebut kepada anak-anak kalian, sesungguhnya ia adalah kalimah yang di cintai oleh Allah dan Rasul-Nya, dan dengan doa ini Allah SWT akan memperbaiki urusan dunia dan akhirat.”

Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply