Direktur DMI: JK Hanya Ajak Muslim Persiapkan Diri Beribadah

 Direktur DMI: JK Hanya Ajak Muslim Persiapkan Diri Beribadah


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Baru baru ini Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengatakan pihaknya akan mengeluarkan panduan teknis ibadah di masjid di tengah situasi new normal.

Menanggapi hal itu, Direktur Program Dewan Masjid Indonesia Pusat, Ustadz Munawar Fuad Noeh mengatakan, pernyataan JK semata-mata hanya ingin mengingatkan kepada masyarakat muslim untuk bersiap diri beribadah di masjid kembali setelah sebelumnya dianjurkan beribadah di rumah masing-masing.

“Pernyataan tersebut hanya mengajak umat Islam untuk mempersiapkan diri untuk kembali beribadah ke masjid ketika new normal resmi diterapkan,” kata Fuad Noeh dalam keterangannya dikutip Sabtu (30/5/2020).

Dalam hal ini, lanjut dia, JK bukan meminta kepada seluruh masjid apalagi yang berada di zona merah, agar membuka kembali aktivitasnya seperti situasi biasa.

“Belum sampai ke sana. Dalam Koordinasi dan persiapan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa JK dalam pertemuan yang digelar DMI Jumat (29/5) kemarin membahas kesiapan masjid di situasi new normal atau kehidupan normal yang baru.

“Yakni untuk membuka kembali pelaksanaan ibadah sholat lima waktu, sholat jumat dan kegiatan ibadah lainnya, seperti pengajian dan dakwah di masjid,” ujar JK.

Pembahasan ini, lanjutnya dianggap penting dilakukan karena DMI memperjuangkan hak beribadah setiap umat Islam. Sehingga harus dipastikan bagaimana rumah ibadah dapat berfungsi kembali sesuai standar protokol kesehatan di tengah wabah corona.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply