Diprediksi Menghadapi Cuaca Panas Ekstrim; Saudi Gratiskan Rumah Sakit di Sekitar Masjidil Haram

 Diprediksi Menghadapi Cuaca Panas Ekstrim; Saudi Gratiskan Rumah Sakit di Sekitar Masjidil Haram

Al-Safwah Tower./Foto: Istimewa

Menghadapi haji tahun ini, jamaah haji asal Indonesia akan menghadapi cuaca panas yang luar biasa di sekitar lingkungan pelaksanaan ibadah haji.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Putera Setia melalui akun Channel Youtube miliknya.

“Cuacanya lagi lumayan panas di sini. Buat kita, orang Indonesia yang berkulit trpois, kadang kalo kita datang ke Saudi yang cuacanya pas keluar kalau panas panas banget, kalau dingin dingin banget, itu membuat kulit kita kayak banyak yang kering, banyak yang terkelupas, banyak yang kakinya kering sampai berdarah,” katanya.

Cuaca yang cukup berbeda jauh ini, katanya, membuat jamaah asal Indonesia rentan terkena penyakit. Ia pun kerap mengingatkan para jamaah untuk membawa obat-obat yang sekiranya penting selama berada di Saudi.

“Biasanya sakit yang sering menimpa jamaah seperti meriang, menggigil, badan panas, itu biasanya dari kecapean, sering banget pulang pergi masjid, kurang makan. Biasanya saya nyaranin istirahat, makan, gak usah i’tikaf dulu gak apa-apa, In Syaa Allah besoknya udah sembuh, Hampir semua kayak gitu,” katanya.

Ia menyarankan demikian agar saat waktunya ibadah di masjid bisa mendapatkan waktu lebih banyak lantaran sudah fit atau sehat kembali. Jika tak membawa obat, katanya, bisa mencoba menanyakan kepada jamaah lainnya apakah membawa obat atau tidak.

“Atau kalian bisa ke apotek yang banyak banget. Ini salah satunya, namanya Nahdi. Kalian tinggal ngomong aja, atau bisa pakai bahasa Indonesia, pakai bahasa Inggris. Sebut aja obatnya apa,” jelasnya.

Jika sakitnya terlihat mulai parah, katanya, jamaah bisa ke rumah sakit. Rumah sakit pertama yang disebutnya gratis biaya pengobatan, dan jaraknya dekat dengan Masjidil Haram.

“Kalau kita keluar dari pintu nomor 1, kemudian ada di Tower Zamzam, letaknya di sebelah kiri Tower Zamzam, namanya Al-Safwah Tower,” katanya.

Di sebelah kiri dari Al-Safwah Tower ada toilet pria nomor 3.

Kemudian, dijelaskan terkait Ajyad Emergency Hospital. Rumah sakit ini juga gratis. Jamaah yang sakit tinggal mendaftar, kemudian menunggu.

 “Inilah rumah sakit yang ada di Safwah Tower lantai B1,” katanya. 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply