Amerika Serikat: Waspada Teroris Manfaatkan Momentum Corona

 Amerika Serikat: Waspada Teroris Manfaatkan Momentum Corona

HIDAYATUNA.COM – Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (DHS) dalam sebuah pernyataan tertulis mengingatkan kepada aparat penegak hukum negara tersebut memperingatkan bahwa teroris dapat mengambil keuntungan dari pandemi Covid-19 atau Corona.

“Para ekstrimis brutal mungkin berusaha untuk mengeksploitasi ketakutan publik terkait dengan penyebaran Covid-19 untuk melakukan kekerasan, mengintimidasi dan mempromosikan ideologi mereka. Kami melihat adanya kemungkinan upaya tersebut meningkat dalam beberapa bulan mendatang,” tulis departemen tersebut dikutip hidayatuna.com Jumat (27/3/20).

Dilansir dari New York Post, DHS mengatakan meski sejauh ini belum ada informasi yang mengindikasikan adanya perencanaan teror. Namun pihak mereka mengaku telah mengantongi sejumlah bukti adanya penyebaran berita palsu terkait virus corona baik oleh kelompok teroris ekstrimis asing maupun domestik.

Peringatan yang diedarkan pada Senin (23/3/20) tersebut juga melampirkan salinan buletin yang dikeluarkan buletin Mingguan ISIS yang menyerukan agar simpatisannya melakukan serangan terhadap sistem perawatan kesehatan yang tengah kewalahan di negara-negara Barat.

Direktur FBI Chris Wray mengtakan pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman tersebut selama masa pandemi tersebut berlangsung.

“Dengan semua kekhawatiran dan ketidakpastian di luar sana, kami ingin masyarakat tahu bahwa masih ada hal-hal yang dapat mereka andalkan: Kami di sini, dan kami akan tetap di sini, untuk melindungi mereka, apa pun yang terjadi,” ujar Wray.

AS saat ini menangani lebih dari 55.200 kasus virus Corona. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply