Covid-19, Wamenag: Ziarah Jelang Ramadan Diganti Berdoa Dari Rumah

 Covid-19, Wamenag: Ziarah Jelang Ramadan Diganti Berdoa Dari Rumah

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Mendekati datangnya bulan suci Ramadan biasanya tempat pemakaman ramai dikunjungi umat muslim yang melaksanakan ziarah kubur ke makam orang tua atau keluarga.

Namun di tengah masa pandemi Covid-19, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menghimbau kepada umat muslim untuk tidak melakukan ziarah kubur jelang Ramadan kali ini.

Wamenag menganjurkan ziarah kubur pada tahun ini diganti dengan memanjatkan doa bagi orang tua atau keluarga yang telah tiada di rumah masing-masing.

“Mengingat pandemi wabah COVID-19 sampai dengan bulan Ramadan kemungkinan besar belum mereda, sebaiknya agenda ziarah kubur ditiadakan dan diganti dengan berdoa dari rumahnya masing-masing,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, di Jakarta, pada hari Senin (20/04).

“Insyaallah nilai pahalanya tidak berkurang sedikit pun,” lanjutnya.

Selain itu menurut Wamenag bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat mal dan diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak covid-19.

Pelaksanaan zakat fitrah juga tidak mesti dibayarkan akhir bulan dikarenakan kondisi darurat akibat pandemi ini.

“Sebaiknya dibayarkan pada awal bulan Ramadan dan tidak harus menunggu sampai akhir Ramadhan,” kata Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi.

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi juga berpesan agar umat muslim untuk menyambut Ramadan dengan ikhlas dan penuh suka cita. Serta meningkatkan ibadah dengan penuh keimanan dan keikhlasan di bulan yang mulia tersebut. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply