Catat, Tahun ini Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal 27 Ramadan

 Catat, Tahun ini Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal 27 Ramadan

HIDAYATUNA.COM – Setiap muslim pasti ingin meraih malam Lailatul Qadar di setiap malam-malam terakhir bulan puasa. Hal ini berdasarkan beberapa riwayat hadis yang menjelaskan keutamaan dan keistimewaan malam Lailatul Qadar dan banyaknya pahala bagi orang yang dapat menjumpainya dengan beribadah kepada Allah SWT.

Jika kita merujuk pada kitab-kitab ulama terdahulu, banyak penjelasan tentang kapan jatuhnya malam yang penuh dengan kemulian tersebut. Seperti pernah ditulis sebelumnya di media hidayatuna ini juga yaitu rumusan jatuhnya malam Lailatul Qadar oleh Syeikh Imam Abu Hasan Asy-Syadzily.

Adapun versi lain adalah penjelasan dari Imam Al Ghazali yang termaktub dalam kitab I’anah Ath-Tholibin juz II halaman 257. Menurut Imam Ghazali, terjadinya malam Lailatul Qadar bisa diperiksa dari kapan hari dimulainya waktu berpuasa (rumusan ini juga sama dengan Imam Abu Hasan Syadzily yang ditentukan dengan hari pertama masuknya bulan puasa).

  1. Apabila awal Ramadannya hari Minggu, Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-29.
  2. Apabila awal Ramadannya hari Senin, malam tersebut jatuh pada malam ke-21.
  3. Apabila awal Ramadannya hari Selasa, malam tersebut jatuh pada malam ke-27.
  4. Apabila awal Ramadannya hari Rabu, malam tersebut jatuh pada malam ke-29.
  5. Apabila awal Ramadannya hari Kamis, malam tersebut jatuh pada malam ke-25.
  6. Apabila awal Ramadannya hari Jumat, malam tersebut jatuh pada malam ke-27.
  7. Apabila awal Ramadannya hari Sabtu, malam tersebut jatuh pada malam ke-23.

Dari rumusan Imam Ghazali tersbut, maka dapat disimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar tahun ini jatuh pada tanggal 27 Ramadan. Hal ini didasarkan awal mula puasa kemarin dimulai di hari jumat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply