Buya Arrazy : Orang yang Zikir juga Bisa Terbakar

 Buya Arrazy : Orang yang Zikir juga Bisa Terbakar

Salat sunah tasbih (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATAUNA.COM – Zikir merupakan amalan dalam Islam yang berguna untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun Buya Arrazy Hasyim mengatakan orang yang rajin berzikir juga bisa terbakar.

Mengapa demikian? Bukankah zikir itu justru meneduhkan? Buya Arrazy melanjutkan bahwa dalam zikir ada takbir, tahmid, dan lainnya yang diucapkan.

Menurutnya, orang yang mengucapkan kalimat-kalimat pujian seperti takbir, suhu badannya akan meningkat. Dengan demikian, yang dimaksud terbakar dalam pendapatnya itu merupakan bentuk kiasan dari keringnya ilmu seseorang yang hanya berzikir.

“Zikir itu, kan, pakem kaku begitu-begitu aja, orang kalau zikir kebakar kalau dia cuma zikir,” katanya.

Amalan tersebut harus diseimbangkan dengan bentuk yang lain agar orang tidak fokus pada satu amalan saja. Salah satu yang bisa menjadi penawar dari zikir itu ialah taklim atau mengaji.

Bahkan, menurutnya ada orang zikirnya berlebihan sampai melupakan kondisi tubuhnya sendiri.

“Maka kenapa orang yang belajar zikir, mohon maaf ya, jadi aneh-aneh itu karena dia nggak ngaji. Itu yang dikatakan Abuya Dimyathi,” ujarnya mengutip salah satu tokoh ulama terkemuka yang mempunyai banyak jemaah

Hal tersebut sama seperti orang yang berilmu tinggi tapi tak pernah mengamalkannya. Maka dari itu, Buya Arrazy Hasyim menambahkan, ikutilah kajian sampai selesai agar bisa mendapatkan keutamaan dari zikir.

Selain memberikan ketenangan batin dan pikir, zikir juga memiliki keutamaan yang luar biasa besar. Dengan selalu mengingat Allah dalam keadaan apa pun dapat menambah pahala Anda.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply