Buat Hidup Jadi Ajaib, Inilah Ijazah Kiai Hamid Pasuruan

 Buat Hidup Jadi Ajaib, Inilah Ijazah Kiai Hamid Pasuruan

Ijazah Kiai Hamid Pasuruan yang Membuat Hidup Jadi Ajaib (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – KH. Abdullah Hamid atau lebih akrab disapa Mbah Hamid Pasuruan sering memberikan ijazah kepada para santri-santrinya dan keluarganya. Bahkan tidak hanya santri-santri ataupun keluarganya saja, Mbah Hamid juga memberikannya kepada para tamu yang hadir meminta ijazah saat berkunjung di kediamannya.

Oleh sebagian besar di kalangan ulama-ulama, Mbah Hamid dikenal sebagai waliyullah. Ulama karismatik itu juga mengasuh pondok pesantren yang bernama Pondok Pesantren Salafiyah, Pasuruan, Jawa Timur.

Mbah Hamid banyak memberi ijazah wirid kepada siapa saja. Biasanya ijazah diberikan secara langsung tapi juga pernah memberi ijazah melalui orang lain.

Di antara ijazah yang Mbah Hamid berikan adalah sebagai berikut:

1. Membaca Surat Al-Fatihah 100 kali tiap hari. Menurutnya, orang yang membaca ini bakal mendapatkan keajaiban-keajaiban yang tak terduga. Bacaan ini bisa dicicil setelah salat Shubuh 30 kali, selepas shalat zuhur 25 kali, setelah Ashar 20 kali, setelah Maghrib 15 kali dan setelah Isya’ 10 kali.

2. Membaca Hasbunallah wa Nikmal Wakil sebanyak 450 kali sehari semalam.

3. Membaca salawat 1000 kali. Tetapi yang sering diamalkan Kiai Hamid adalah salawat Nariyah dan Munjiyat.

4. Membaca kitab Dala’ilul Khairat. Kitab yang berisi kumpulan salawat.

5.  Wirid rutin al-Wirdul Lathif dan Ratib Al-Haddad. Dua wirid yang diajarkan oleh Kiai Hamid dan diwariskan hingga sekarang kepada para santri dan keluarganya.

Itulah ijazah Mbak Hamid Pasuruan yang atas izin Allah SWT. dapat membuat hidup penuh keajaiban bila diamalkan. Hendaknya wirid ini disertai dengan tingkah laku kita yang

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply