Besok Sejumlah Masjid di Brunei Dibuka untuk Salat Jum’at

 Besok Sejumlah Masjid di Brunei Dibuka untuk Salat Jum’at


HIDAYATUNA.COM, Bandar Seri Begawan – Pemerintah Brunei Darussalam memutuskan besok, Jum’at, 29 Mei 2020 sejumlah masjid di negara tersebut dibuka untuk menggelar salat Jum’at berjamaah. Setelah sebelumnya ditutup akibat wabah virus corona.

“Masjid di Brunei akan mulai dibuka untuk salat Jumat pukul 13.30 waktu setempat,” ungkap Departemen Urusan Masjid Brunei dilansir dari Borneo Bulletin sebagaimana dikutip, Jumat (28/5/2020).

Departemen Urusan Masjid Brunei menjelaskan yang umat muslim yang ingin mengikuti salat Jumat di masjid, maka terlebih dahulu mendaftar melalui aplikasi BruHealth.

“Selain harus mendaftar melalui aplikasi, orang-orang yang mengalami gejala penyakit menular dan berisiko tinggi, anak-anak berusia di bawah 15 tahun, dan perempuan tidak diizinkan memasuki rumah ibadah,” sambungnya.

Sekalipun masjid mulai dibuka untuk salat Jum’at, namun, semua pihak diminta untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Masjid-masjid di Brunei yang menyelenggarakan salat Jumat juga dipastikan menyediakan pembersih tangan di sejumlah area atau sudut ruangan. Aturan dalam jarak fisik dan sosial akan diberlakukan di seluruh rumah ibadah tersebut, membuat para jamaah berjarak setidaknya satu meter saat melaksanakan sholat. 

Pemeriksaan suhu tubuh, seperti yang sudah dilakukan di banyak tempat sejak awal pandemi Covid-19 akan terus menjadi ketentuan di berbagai area publik termasuk masjid-masjid Brunei.

“Saat ini hanya salat Jumat yang diperkenankan dilaksanakan di masjid-masjid tertentu di negara tersebut,” jelasnya. 

Para petugas nnatinya juga akan ditempatkan di masjid-masjid Brunei yang menyelenggarakan salat Jumat perdana pada pekan ini untuk memindai kode QR, yang didapat setelah mendaftar pada aplikasi.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply