Beda Dengan Negara Lain, Hari Ini Muslim Maroko Baru Awali Ramadan

 Beda Dengan Negara Lain, Hari Ini Muslim Maroko Baru Awali Ramadan

HIDAYATUNA.COM – Jika kebanyakan negara bermayoritas Muslim telah memulai bulan Ramadan pada tanggal 24 April 2020, Maroko adalah satu di antara dua negara yang diketahui menetapkan awal Ramadan jatuh di hari Sabtu, 25 April 2020.

Selain Maroko, negara lain yang diketahi baru memulai Ramadan pada Sabtu ini adalah Oman.

Perbedaan awal dan akhir dalam penanggalan Hijriyah memang kerap terjadi. Hal tersebut dikarenakan kalender Islam ditentukan fase bulan yang panjangnya 29 atau 30 hari. Penampakan bulan baru menandakan dimulainya bulan baru di kalender Islam.

Negara-negara Timur Tengah seperti Turki, Arab Saudi, UEA, dan Qatar; Negara-negara Afrika Utara dari Aljazair ke Mesir; dan negara-negara Afrika Barat seperti Senegal, Mali dan lainnya semuanya mengumumkan 24 April sebagai hari pertama Ramadhan.

Karena posisi geografis, baik Maroko dan Oman belum mendapati penampakan hilal hingga 23 April lalu.

Meski demikian pihak Kerajan Maroko, Raja Mohammed VI pada tanggal 24 April menyampaikan ucapan selamat Ramadan kepada negara-negara Muslim dan seluruh masyarakat muslim di dunia atas datangnya bulan suci Ramadan.

Dilansir dari Marocco World News, berikut ucapan selamat dan harapan Raja Mohammed VI menyambut Ramadan 1441 H:

“Awal bulan yang diberkati ini adalah pertanda belas kasihan, kesehatan, dan kedamaian pikiran bagi masyarakat Muslim dan dunia, serta sumber lebih banyak harapan dan kerja sama diantara mereka.” (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply