Bentuk Satgas Covid-19, MUI Siap Maksimalkan Bantu Masyarakat

 Bentuk Satgas Covid-19, MUI Siap Maksimalkan Bantu Masyarakat


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam keterangan tertulis yang terima Hidayatuna.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi membentuk Satgas Covid-19. Wakil Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri MUI, Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan dengan terbentuknya satgas kali ini, pihaknya mengaku siap untuk memaksimalkan dalam upaya membantu masyarakat di tengah wabah corona.

Untuk menangani wabah corona, Zaitun menilai membutuhkan peran semua pihak, tak terkecuali membutuhkan pula peran MUI. Adapun langkah yang akan dilakukan Satgas Covid-19 MUI ini adalah Bersedekan Saratus Ribu yang disingkat menjadi Gerakan Berseri.

“Dengan gerakan Bereseri ini, Satgas menerima donasi dari berbagai elemen masyarakat untuk membantu penanangan virus corona,” ujar Zaitun dikutip Ahad, 12 April 2020.

Donasi tersebut, lanjut dia, akan digunakan untuk membelikan keperluan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, masker, hand sanitizer, dan kebutuhan alat kesehatan lainnya. Segenap peralatan tersebut nantinya akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, donasi pun akan disalurkan untuk membantu warga terdampak Covid-19 dari kalangan dhuafa.

“Guna memaksimalkan kinerja Satgas Covid-19 MUI, Satgas akan bersinergi dengan pihak terkait seperti BNPB dan Satgas Nasional Covid-19, termasuk dengan jejaring ormas-ormas Islam dan lembaga filantropi,” kata dia.

Pada kesempatan itu, dirinya ditunjuk untuk menjadi Ketua Satgas Covid-19 MUI. Zaitun menjelaskan satgas ini dibentuk sebagai wujud kepedulian MUI dalam menghadapi wabah virus corona.

“Sebagai wadah organisasi para ulama, zuama, dan umara, MUI mempunyai tanggung jawab besar untuk menjalankan peranannya sebagai pelayan umat,” jelasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply