Begini Tanggapan Kemenag Soal Permintaan Penundaan Haji

 Begini Tanggapan Kemenag Soal Permintaan Penundaan Haji


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) memberikan tanggapan atas permintaan pemerintah Arab Saudi penundaan ibadah haji tahun ini karena wabah virus Corona.

Melalui Juru Bicara Kementerian Agama (Jubir Kemenag) Oman Fathurahman, Kemenag mengaku tetap optimis jika penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan terlaksana.

“Sepanjang pihak Saudi belum menyampaikan pemberitahuan secara resmi kepada Kementerian Agama terkait pembatalan haji tahun ini, maka kami tetap berproses seperti biasa,” kata Oman Fathurahman dalam keterangan tertulisnya dikutip Kamis (2/4/2020).

Dirinya menduga perihal keputusan pemerintah Arab Saudi tentang penundaan pelaksanaan haji bisa jadi karena pemerintah setempat tengah menyiapkan fasilitas yang terkait ibadah haji.

“Kementerian Agama akan terus melayani persiapan ibadah haji bagi calon jemaah asal Indonesia,” jelasnya.

Sebagai informasi, baru baru ini Kementerian Urusan Haji dan Umrah, Arab Saudi meminta kepada sejumlah negara-negara muslim untuk menunda mengirimkan calon jamaah haji dan umrah ke negara mereka.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi agar sejumlah tempat suci di Mekkah tidak terpapar wabah virus Corona yang kini telah menjangkiti seluruh negara di dunia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply