Begini Ritual Lailatul Qadar di Washington Dihadiri Ratusan Jemaah

 Begini Ritual Lailatul Qadar di Washington Dihadiri Ratusan Jemaah

Takbir 5 kali dan 7 kali saat salat Id  (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Washington – Ratusan Muslim Syiah menghadiri ritual Lailatul Qadar (Malam Qadar) di New York dan Washington, DC, pada Minggu (24/04/2022) malam.

Peserta ritual Lailatul Qadar di Washington ini sebagian besar berasal dari Iran, Afghanistan, Uzbekistan, Pakistan, Kuwait, dan Irak.

Ritual upacara kerohanian ini adalah pertama kalinya sejak 2020 ritual Lailatul Qadar diadakan di pusat-pusat itu. Lantaran sebelumnya upacara tersebut dibatalkan dalam dua tahun terakhir.

Pembatalan tersebut disebabkan oleh pandemi virus corona. Upacara kerohanian ini dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran diikuti dengan pembacaan doa Al-Iftitah.

Usai orasi keagamaan tersebut, para jemaah salat Maghrib dan Isya salat bersama. Setelah berbuka puasa, mereka membaca doa Jawshan Kabir dan mendengarkan lantunan syair.

Ritual keagamaan ini dianggap sebagai malam paling suci tahun ini bagi umat Islam. Malam yang juga disebut sebagai malam seribu bulan ini diyakini jatuh pada tanggal 19, 21, 23 atau 27 Ramadan.

Keajaiban ini dikenal sebagai “Malam Kekuatan”. Di malam tersebut umat Islam memperingati malam ketika Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad (SAW).

 

 

Sumber : IQNA

Redaksi

Terkait

Leave a Reply