Begini Aksi Muslim Inggris Ringankan Pemerintah Hadapi Wabah Corona

 Begini Aksi Muslim Inggris Ringankan Pemerintah Hadapi Wabah Corona


HIDAYATUNA.COM, London – Mewabahnya virus corona di negeri Ratu Elisabeth, mendorong komunitas muslim Inggris tergerak untuk bahu membahu membantu pemerintah dalam meringankan musibah kemanusiaan ini.

Salah satu kegiatan positif yang dilakukan umat Islam di Inggris adalah membantu para warga yang terdampak virus covid-19. Dilansir dari Harian Terbit, sejumlah aksi sosial dilakukan, misalnya mereka memproduksi alat pelindung dir (APD) untuk petugas medis dan menyumbangkan makanan kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Komunitas Muslim benar-benar meningkatkan upaya mereka untuk mendukung pandemi corona dan akan terus melakukannya pada saat dibutuhkan,” kata Kepala Pusat Komunitas dan Masjid Green Lane, Inggris, Kamran Hussain dikutip Selasa (14/4/2020).

Tidak hanya itu, mereka juga membantu membayar biaya pemakaman para warga yang secara ekonomi lemah. Selain itu, muslim di Inggris juga kompak mendirikan kamar mayat sementara.

Hussain mengungkapkan jika pihaknya mendapat kontak langsung dari keluarga korban untuk menjemput orang-orang terkasih dari kamar mayat sebuah rumah sakit dan mengatur layanan penguburan timnya akan melakukan gerak cepat.

“Sejalan dengan langkah-langkah perlindungan dan kebijakan kesehatan, kami telah sepakat dengan para imam untuk tidak mencuci atau tidak memandikan tubuh orang mati tersebut, karena keselamatan para sukarelawan dan keluarga mereka,” jelasnya.

“Atas saran dari Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Inggris, kami memutuskan bahwa akan ada risiko yang signifikan jika relawan mencuci tubuh, dan kami tidak akan menempatkan relawan atau staf kami dalam risiko apa pun,” sambungnya.

Sebagai informasi, saat ini pandemi virus corona di Inggris, telah menyebabkan kematian lebih dari 11.000 orang dan melihat lebih dari 88.000 terinfeksi di Inggris.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply