Baca Surah ini saat Sahur agar tidak cepat Lapar dan Haus

 Baca Surah ini saat Sahur agar tidak cepat Lapar dan Haus

HIDAYATUNA.COM – Sahur merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW, selain untuk menahan haus dan lapar saat berpuasa, sahur juga memiliki unsur keberkahan sebagaimana hadis Rasulullah SAW “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah”. (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Keutamaan lain orang yang sahur adalah mendapatkan shalawat dari Allah SWT dan do’a dari para malaikat-Nya. Sebagaimana hadis dari Abu Sa’id Al Khudri berikut :

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya : “Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah SWT dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad)

Namun tidak sedikit orang yang sudah sahur begitu banyak tapi menjelang siang sudah terasa lapar melilit, disatu sisi ada orang yang sahur secukupnya namun hingga waktu berbuka ia tidak merasakan lapar dan haus yang sangat.

Almaghfurlah Habib Salim Bin Abdullah As-Syathiri dari Yaman mengatakan bahwa kunci saat sahur agar tidak cepat lapar dan haus adalah keberkahan. salah satu ciri mendapatan keberkahan adalah sahur secukupnya namun tetap kenyang sepanjang hari.

Lantas bagaimanakah agar kita diberikan keberkahan saat sahur ? Habib Salim Bin Abdullah As-Syathiri mengijazahkan kepada kita bahwa jika ingin mendapatkan keberkahan agar tidak cepat lapar dan haus saat berpuasa bacalah surah al-Quraisy :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ لِإِيْلَافِ قُرَيْشٍ عِنْدَ السُّحُوْرِ، كَفَاهُ اللهُ أَنْ يَتَسَحَّرَ وَيُصْبِحَ جَائِعًا

Artinya : “Siapa yang membaca surah al-Quraisy saat sahur, maka Allah SWT akan mencukupkannya dari rasa lapar di waktu siang.”

Ijazah juga perlu kita ajarkan bagi anak-anak kita yang sedang belajar berpuasa atau bagi mereka yang berkerja berat seperti kuli bangunan, petani atau para pekerja lapangan yang lain. Semoga dengan wasilah membaca surah al-Quraisy mereka diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk menjalankan puasa ditengah beratnya aktifitas.

Surah al-Quraisy :

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ

Redaksi

Terkait

Leave a Reply