Baca Ayat ini 7 Kali Setiap Hari Agar Segala Urusan Dimudahkan Allah

 Baca Ayat ini 7 Kali Setiap Hari Agar Segala Urusan Dimudahkan Allah

Baca Ayat ini 7 Kali Setiap Hari Agar Segala Urusan Dimudahkan Allah

HIDAYATUNA.COM – Al-Quran memang Luar biasa. Ayat-ayat di dalamnya memiliki banyak keutamaan. Termasuk ayat berikut ini yang dianjurkan agar dibaca setiap hari 7 kali agar Allah SWT memudahkan segala urusan kita.

Ijazah ayat ini bersumber dari Majmu’ Wamau’id Wa Kalam atau kumpulan nasehat Habib Ahmad bin Umar bin Sumaith.

Dalam kitab tersebut disebutkan sebuah hadis terkait keutamaan ayat 129 surah at-taubah :

مَنْ قاَلَ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ كَفَاهُ اللَّهُ مَا اَهَمَّهُ مِنْ اَمْرِ أَخِرَتِهِ وَدُنيَاهُ صَادِقَا اَو كَاذِباً

“Barang siapa ayat (surah at-taubah 129) 7 kali setiap hari, maka Allah SWT akan mencukupinya dari hal-hal yang ia khawatirkan baik urusan akhirat maupun dunia, baik ia membenarkan ayat ini atau mendustakannya.”

Habib Ahmad bin Umar bin Sumaith menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “membenarkan” adalah seorang yang membaca tersebut yakin dengan izin Allah SWT barokah surah ini.

Sedangkan kata “mendustakan” bukan mendustakan ayat tersebut namun maksudnya adalah seseorang tersebut tidak meyakini barokah surah ini.

Terdapat redaksi lain dari hadis ini yang diriwayatkan oleh Abi Darda dan terdapat dalam sunan Abu Daud :

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رضى الله عنه قَالَ مَنْ قَالَ إِذَا أَصْبَحَ وَإِذَا أَمْسَى حَسْبِيَ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ سَبْعَ مَرَّاتٍ كَفَاهُ اللَّهُ مَا أَهَمَّهُ صَادِقًا كَانَ بِهَا أَوْ كَاذِبًا ‏

Dari Abi Darda RA, Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa saat pagi dan sore membaca Hasbiyallahu Laa ilaaha ilaa Wua ‘Alaihi Tawakkaltu Wahua Robbul ‘Arsyild ‘Adzhim 7 kali maka Allah SWT akan mencukupinya dari hal-hal yang ia khawatirkan baik urusan akhirat maupun dunia, baik ia membenarkan ayat ini atau mendustakannya.”

Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa tata cara mengamalkan ayat ini agar urusan kita dimudahkan Allah SWT adalah dengan membacanya 7 kali setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga : Ayat-ayat Penyembuh Dalam Al-Quran

Redaksi

Terkait

Leave a Reply