Arab Belum Beri Kepastian, Kemenag Hentikan Persiapan Haji 2020

 Arab Belum Beri Kepastian, Kemenag Hentikan Persiapan Haji 2020


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Hingga batas waktu yang telah diberikan oleh pemerintah Indonesia yakni Selasa (12/5), Arab Saudi masih belum juga memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji 2020.

Atas dasar tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) untuk sementara waktu menghentikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2020 di Arab Saudi.

Penghentian persiapan ini dilakukan, menyusul hingga saat ini Kemenag belum mendapatkan kepastian dari pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji di tengah pandemi Covid-19.

“Seluruh proses penyediaan layanan ibadah haji di Saudi dihentikan sampai pada tahap kesepakatan harga,” kata kata Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid dikutip Rabu (13/5/2020).

Hal ini lanjut dia, berdasarkan pernyataan Menteri Haji dan Umrah Saudi kepada Menag terkait pelaksanaan kontrak dan pembayaran uang muka di Arab Saudi.

“Ibadah haji khusus belum ada pihak yang melakukan layanan, konsumsi transportasi di Saudi. Prores ibadah haji khusus masih dalam proses pelunasan BPIH khusus,” sambungnya.

Sebagai informasi, awalnya Kemenag mentargetkan tanggal 12 Mei kemarin pemerintah Arab sudah memutuskan untuk penyelenggaraan ibadah haji 1441 H.

Alasan kenapa harus 12 Mei, karena tercacat sejak tanggal 13 Mei mendatang Arab Saudi sudah memasuki masa libur musim panas. Khawatir nantinya bisa mengganggu persiapan pelaksanaan ibadah haji dari Indonesia sendiri. Kemenag tidak ingin, pihak Arab memberikan konfirmasi secara dadakan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply