Ancaman Bunuh Diri Dalam Islam

 Ancaman Bunuh Diri Dalam Islam

Hangman’s noose against black background

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tercatat bahwa setiap 40 detik ada satu orang yang mati karena bunuh diri. Bahkan bunuh diri merupakan penyebab kematian yang menempati urutan kedua di kalangan usia 15 sampai 29 tahun. Umumnya orang bunuh diri karena depresi dalam menghadapi masalah. Padahal bunuh diri merupakan perbuatan yang dilarang. Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا ��َنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Artinya: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allâh adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa’ 4:29)

Bunuh diri merupakan perbuatan yang dosanya sangat besar, bahkan lebih besar dari membunuh orang lain. Sebagaimana diterangkan dalam itab Al-Mawsu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah.

إِنَّ مَنْ قَتَل نَفْسَهُ كَانَ إِثْمُهُ أَكْثَرَ مِمَّنْ قَتَل غَيْرَهُ

Artinya: “Sungguh orang yang melakukan bunuh diri dosanya lebih besar dibanding orang yang membunuh orang lain.”
Orang yang bunuh diri akan mengalami tiga penderitan yaitu penderitaan yang mendorongnya untuk melakukan bunuh diri, penderitaan ketika akan mengalami kematian dan penderitan di akhirat dimana orang yang bunuh diri akan kekal di neraka.

Lebih lanjut mengenai ancaman siksaan bagi orang yang bunuh diri sangatlah pedih karena dia akan disiksa sesuaai cara yang dilakukan untuk bunuh diri.

مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيدَةٍ فَحَدِيدَتُهُ فِي يَدِهِ يَتَوَجَّأُ بِهَا فِي بَطْنِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ شَرِبَ سَمًّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَحَسَّاهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَرَدَّى فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا

Artinya: “Barangsiapa yang bunuh diri dengan besi, maka besi yang tergenggam di tangannya akan selalu ia arahkan untuk menikam perutnya dalam neraka Jahanam secara terus-menerus dan ia kekal di dalamnya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan cara meminum racun maka ia akan selalu menghirupnya di neraka Jahannam dan ia kekal di dalamnya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan cara terjun dari atas gunung, maka ia akan selalu terjun ke neraka Jahanam dan dia kekal di dalamnya.” (HR Muslim).

Demikian semoga menjadi renungan bahwa berat sekali ganjaran bagi orang yang melakukan bubuh diri. Perlu diketahui menurut studi lintas bangsa yang dilakukan Miles E Simpson dan George H Conklin dengan judul “Socio-economic Development, Suicide and Religion: A Tes of Durkheim’s Theory of Religion and Suciede” menyimpulkan bahwa presentase bunuh diri dinegara berpendudk muslim lebih kecil dibanding negara-negara barat. Ini menunjukkan bahwa agama Islam menjadi banteng pencegah dari tindakan bunuh diri.

Sumber:
Al-Mawsu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, Kuwait-Darus Salasil, juz III, halaman 239.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply