Amazing! AS Siapkan Hadiah 142 Miliar untuk Penemu Pimpinan ISIS

 Amazing! AS Siapkan Hadiah 142 Miliar untuk Penemu Pimpinan ISIS

Amazing! AS Siapkan Hadiah 142 Miliar untuk Penemu Pimpinan ISIS

HIDAYATUNA.COM – Setelah berhasil dilumpuhkannya pimpinan ISIS terdahulu Abu Bakar Al Baghdadi yang terbunuh oleh pasukan komando Amerika Serikat pada Oktober 2019 lalu di Suriah, Kini Amerika Serikat mengmumkan sebuah tawaran hadiah untuk menangkap pemimpin gerakan ekstrimis ISIS saat ini Amir Mohammed Abdul Rahman AL Mawli.

Diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo hadiah bagi penangkap pimpinan ISIS tersebut adalah sebesar 10 juta dollar AS atau sekitar 142 miliar rupiah.

Al Mauli yang diketahui menjadi pimpinan ISIS setelah Al Baghdadi mengeluarkan seruan yang membenarkan penganiayaan terhadap minoritas Yazidi, sebuah seruan yang oleh PBB disebut sebagai genosida.

“Sebagai salah satu ideologi paling senior ISIS, al-Mawla membantu mendorong dan membenarkan penculikan, pembantaian, dan perdagangan minoritas agama Yazidi di Irak barat laut dan juga memimpin beberapa operasi teroris global kelompok itu,” kata Departemen Luar Negeri dalam rilisnya, dikutip dari AFP, Jumat (26/6/20).

Ia juga dikerahui merupakan anggota senior dari organisasi al-Qa’ida yang merupakan pendahulu ISIS di Irak.

Pompeo mengatakan hadiah mungkin dapat menjadi upaya untuk menangkap para pimpinan kelompok radikal tersebut ketika mereka belum dapat dikalahkan dalam medan perang.

AS menurutnya tengah berupaya mengidentifikasi dan menemukan para pimpinan kelompok tersebut.

“Sehingga koalisi global negara-negara yang berjuang untuk mengalahkan ISIS dapat terus menghancurkan sisa-sisa ISIS dan menggagalkan ambisi globalnya,” ujarnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply