Alissa Wahid: Pertimbangkan Karantina Wilayah dari Berbagai Aspek

 Alissa Wahid: Pertimbangkan Karantina Wilayah dari Berbagai Aspek

HIDAYATUNA.COM – Pendiri Jaringan GusDurian yang juga fasilitator Forum Risalah Jakarta Alissa Wahid menghimbau kepada pemerintah untuk mempertimbangkan usul karantina wilayah berdasar pada kemendesakan situasi yang diakibatkan mewabahnya Covid-19 belakangan ini.

“Pertimbangkan usul pengkarantinaan wilayah sejauh yang diharuskan oleh urgensi situasi, durasi, cakupan geografis, dan ruang lingkup,” ujar Alissa dalam keterangan tertulisnya Rabu (1/4/20).

Menurut Allisa dalam keadaan yang bersifat luar biasa ini menurutnya pemerintah perlu membangun rasa kemendesakan maupun kepekaan akan krisis yang terjadi pada masyarakat. Oleh karena itu situasi darurat yang memaksa untuk memberlakukan kebijakan pembatasan mesti disertai penegakan hukum yang benar dan adil.

Sebelumnya Forum Risalah Jakarta diketahui telah melayangkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo pada Selasa (31/3/20). Surat tersebut berisi lima poin yang mencakup terjalinnya kerjasama seluruh lapisan masyarakat, tercakupinya pengadaan sarana dan alat kesehatan, terpenuhinya kepatuhan hukum semua pihak taat saat keadaan luar biasa, terjaminnya keamanan sosial dan masyarakat pekerja, serta terpenuhinya kerjasama internasional dan asistensi negara lain.

Terkait sarana dan prasana kesehatan yang sangat mendesak dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini, Alissa juga mengatakan hal tersebut memerlukan adanya kepastian dengan membangun rumah sakit darurat baik di pusat maupun daerah yang dilengkapi dengan alat-alat kesehatan yang memadai.

Ia juga mendorong agar pemerintah mengizinkan rumah sakit yang menyatakan kesiapannya untuk dapat menggelar rapid-test demi mempercepat diketahuinya hasil tes terkini yang berasal dari masyarakat luas. Hal tersebut juga penting untuk mempercepat penanganan jika terdapat kasus di masyarakat yang sampai saat ini belum terlihat.

“Izinkanlah rumah sakit-rumah sakit yang telah menyatakan siap untuk melakukan rapid-test dan percepatlah perolehan hasil tesnya,” ujarnya. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply