Al-Battani Jelaskan Ilmu Astronomi Paling Mulia

 Al-Battani Jelaskan Ilmu Astronomi Paling Mulia

Al-Battani Jelaskan Ilmu Astronomi Paling Mulia


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ilmuwan Islam dunia pakar astronomi, Abu Abdillah Muhammad bin Jabir bin Sinan Al-Harrani Ar-Raqqi Ash-Shani atau yang lebih populer dikenal Al-Battani mengklaim ilmu astronomi yang ia geluti sebagai ilmu dengan kedudukan paling mulia.

Mengapa demikian? Al-Battani mengatakan sebab dengan ilmu atronomi seseorang bisa mengetahui berapa lama perputaran dunia. Seperti berapa lama bulan dan tahun, kemudian mengetahui waktu hingga pergantian musim.

“Ilmu yang paling mulia kedudukannya adalah ilmu perbintangan (astronomi). Sebab, dengan ilmu itu dapat diketahui lama bulan dan tahun, waktu, musim, pertambahan dan pengurangan siang dan malam, letak matahari dan bulan, gerhana, serta jelannya planet ketika berangkat dan kembali,” ungkap Al-Battani dikutip dari buku 12 Ilmuwan Muslim yang terkenal di dunia halaman 5 karya Izzah Annisa, dikutip Rabu (24/6/2020).

Pernyataan Al-Battani ini disampaikan langsung olehnya dalam buku karyanya yang paling terkenal yakni “Az-Zaij Ash-Shabi” yang ditulisnya pada 1900 M. Di dalam buku itu, dirinya menjelaskan mengenai alasannya mempelajari dan mendalami ilmu astronomi.

Sebagaimana diketahui, sosok Al-Battani juga sangat aktif menuliskan pemikiran dan teori-teorinya serta pengalamannya selama mengamati bintang-bintang ke dalam kitab-kitabnya.

Al-Battani sendiri merupakan representasi seorang ilmuwan yang sangat giat berkarya. Ia membuat alat-alat astronomi yang digunakannya untuk melakukan pengamatan, dilengkapi dengan panduan atau cara membuatnya. Teropong Al-Battani adalah salah satu karyanya yang ia gunakan untuk mengamati benda-benda langit.

Sebagai informasi, Al-Battani lahir di Battan, sebuah daerah di Kota Harran, Irak. Karena asalnya dari Battan, maka sosok ilmuan ini kemudian lebih banyak dikenal dengan sebutan Al-Battani.

Sejak kecil, ia sudah tertarik dengan benda-benda langit dan piawai menggunakan alat-alat astronomi milik ayahnya. Ia juga sangat suka membaca buku. Salah satu buku bacaan yang ia gemari adalah buku tentang pengetahuan alam, khususnya astronomi.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply