Al Azhar Haruskan Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Rumah

 Al Azhar Haruskan Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Rumah

HIDAYATUNA.COM – Otoritas Cendekiawan Senior Al-Azhar, Kairo telah memutuskan bahwa seluruh Muslim harus melakukan shalat Idul Fitri di rumah baik sendirian atau bersama keluarga mereka dikarenakan pandemic Covid-19.

Dilansir dari Egypt Independent, pihak berwenang Mesir telah menekankan bahwa tujuan hukum Syariah Islam adalah untuk melindungi orang, yang merupakan alasan di balik perintah ini untuk shalat di rumah.

Pernyataan Al-Azhar menyerukan kepada semua Muslim di seluruh dunia untuk bersama-sama senantiasa mendoakan agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan senantiasa berbagi kepada yang membutuhkan.

Dilansir hidayatuna.com, Selasa (19/5/20), Kementerian Wakaf Mesir rencananya akan menyiarkan doa Idul Fitri dan Takbir Idul Fitri saathari raya nanti melalui siaran televisi dan radio.

Dalam pertemuan kabinet pada Minggu, 17 Mei 2020, Mesir juga memutiskan tidak mengizinkan pertemuan besar selama Idul Fitri.

Di awal bulan Mei Masjid Al-Azhar mengumumkan bahwa shalat di masjid selama sepuluh hari terakhir Ramadhan akan dilakukan tanpa jamaah umum. Pihak masjid tersebut menekankan bahwa umat Islam harus shalat di rumah dan mematuhi pedoman Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Mesir.

Sebelumnya Kementerian Wakaf Mesir telah melarang shalat jum’at dan ibadah berjamaah di masjid dihentikan sejak bulan Maret.

“Keputusan itu didasarkan pada persyaratan kepentingan nasional dan Islam dalam perlunya melestarikan orang,” kata pernyataan kementerian itu. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply