Aktivitas Ramadan di Masjidil Haram dan Nabawi Kembali Pulih

 Aktivitas Ramadan di Masjidil Haram dan Nabawi Kembali Pulih

Aktivitas Ramadan di Masjidil Haram dan Nabawi (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jeddah – Aktivitas di Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi kembali dibuka setelah dua tahun dibatasi karena adanya wabah Covid-19.

Pada bulan suci Ramadan tahun ini, Kerajaan Arab Saudi melonggarkan aktivitas keagamaan di kedua masjid suci tersebut. Kegiatan peribadatan kedua masjid itu sudah dilaksanakan, termasuk kegiatan Ramadan seperti buka bersama ataupun salat tarawih dan kegiatan lainnya.

Dilansir dari Arabnews, Selasa (05/04), kegiatan buka puasa hari pertama di Masjidil Haram diikuti oleh ribuan orang jemaah. Mereka sudah duduk berbaris sambil menunggu azan Maghrib dengan makanan dan minuman di depan mereka. Begitu juga di Masjid Nabawi.

Makanan berbuka puasa telah didistribusikan di dalam Masjidil Haram di tempat-tempat yang telah ditentukan dan menyatukan campuran budaya yang indah dari orang-orang yang berpuasa dari berbagai negara.

Petugas Masjidil Haram dan sejumlah organisasi mendistribusikan makanan berbuka puasa dibantu oleh para sukarelawan. Para relawan ini terlihat setiap hari bersama dengan para peserta (kelompok yang bersedekah) dari Makah, mendistribusikan berbagai jenis kurma dan air zamzam.

Otoritas Masjidil  Haram dan masjid Nabawi sendiri telah memberikan lebih dari 2.000 izin untuk menyediakan makanan buka puasa khusus yang telah disiapkan dan didistribusikan dengan tetap menerapkan ketentuan terkait Covid-19.

Sejumlah jemaah menyatakan rasa bahagia dan syukurnya dengan kembali digelarnya buka puasa bersama setelah dua tahun ditiadakan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply