Akibat Lockdown, Muslim India Bantu Umat Hindu Kremasi Jenazah

 Akibat Lockdown, Muslim India Bantu Umat Hindu Kremasi Jenazah


HIDAYATUNA.COM, New Delhi – Sebuah kisah mengharukan datang dari India di tengah lockdown wabah covid-19. Pada Selasa (7/4) lalu, seorang pria bernama Shyamal bersama saudaranya kebingungan melihat kenyataan ayahnya meninggal dunia.

Dua bersaudara ini merasa kebingungan bagaimana mengurus jenazah ayahnya untuk dikremasi sementara situasi India sedang di lockdown.

Ia benar-benar tak bisa berbuat apa-apa. Shyamal merasa tidak mungkin meminta bantuan tetangga di sekitarnya. Karena lingkungan tetangganya adalah komunitas muslim.

Namun situasi berubah. Shyamal tak menyangka. Para tetangga Muslim secara suka rela bahu membahu membantu keluarganya mengurus jenazah ayahnya untuk dikremasi.

“Tak satu pun dari kerabat kami yang bisa membantu kami karena lockdown (di India). Akan sulit bagi kami untuk membawa tubuh ayah ke ghat yang terbakar sendirian. Kami (awalnya) tidak yakin apakah akan benar mencari bantuan dari tetangga, yang berasal dari komunitas yang berbeda,” kata Shyamal dikutip Hidayatuna.com dari Republika, Jumat (10/4/2020).

Saat itulah Shyamal benar-benar tidak bisa menutupi rasa harunya. Ia benar-benar merasa berterimakasih kepada Mukul Sheikh, Askara Bibi, Saddam Sheikh, Rejaul Karim dan tetangga Muslim lainnya.

Peristiwa ini terjadi di desa Lohaitola di bawah Panchanandapur 1 panchayat di Kaliachak 2 blok Malda, New Delhi India. Kisah Shyamal bersama keluarganya mengurus jenazah ayahnya yang dibantu para tetangga muslim ini menjadi contoh bagaimana keharmonisan komunal antara umat Hindu dan Muslim. Keluarga Shyamal adalah satu-satunya keluarga Hindu di Lohaitola yang tinggal di kawasan wilayah mayoritas berpenduduk Muslim.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply