Agama Bukan Tujuan Dia Adalah Perahu

 Agama Bukan Tujuan Dia Adalah Perahu

Agama Bukan Tujuan Dia Adalah Perahu


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Penceramah Kajian Majelis Rebo Malem (MAREM), Ustadz Husin Nabil bin Najib Assegaf menjelaskan bahwa agama bukanlah tujuan akhir yang dicari oleh manusia, melainkan ia adalah ibarat sebuah perahu.

Pun demikian dengan keberadaan mazhab, tarekat, zikir dan bahkan ibadah sendiri disebutnya bukan sebagai tujuan. Ia menjelaskan bahwa mazhab itu ibarat rumah, tarekat ibarat jalan dan ibadah ibarat bekal.

“Agama bukan tujuan dia adalah perahu. Mazhab bukan tujuan dia adalah rumah. Tarekat bukan tujuan dia adalah jalan. Ibadah bukan tujuan dia adalah bekal. Zikir bukan tujuan dia adalah pendorong,” tulis Habib Husin Nabil dalam melalui akun twitternya @HusinNabil2 dikutip Rabu (22/7/2020).

Lantas ia mempertanyakan, mengapa orang-orang kemudian harus saling debat bahkan bertikai merasa ia yang paling hebat? Sementara yang dituju dan menjadi tujuan hakiki adalah Allah SWT.

“Lalu untuk apa debat, perang, merasa hebat dengan semua itu? Tujuan kita hanya Allah. Sudahkah mencapai-Nya? -husinnabil-,” sambungnya.

Sebagai informasi, dewasa ini banyak sekali pertikaian antar pandangan, antar aliran (golongan) di dalam umat Islam sendiri. Hingga lupa apa yang diperjuangkan itu sebenarnya bukanlah tujuan yang sebenarnya.

Tujuan umat Islam beribadah, beragama dan ritual keagamaan lainnya semata-mata hanya untuk menuju ke Allah SWT. Untuk itulah jangan sampai hal-hal yang bersifat skunder kemudian menanggalkal hal-hal yang primer, yakni tujuan kepada Allah SWT.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply