8 Keutamaan Puasa Syawal Menurut Ustadz Arifin Ilham

 8 Keutamaan Puasa Syawal Menurut Ustadz Arifin Ilham

Selepas Ramadhan dan Idul Fitri ada salah satu ibadah yang sangat utama untuk dikerjakan oleh umat Islam. Ibadah tersebut adalah puasa sunnah syawal. Dalil mengenai puasa syawal didasarkan pada sabda Nabi SAW; “Barangsiapa yang telah berpuasa Ramadhan dan  kemudian dia mengikutinya dengan  puasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Menurut Pimpinan Majelis Az-Zikra Alm. Ustadz Muhammad Arifin Ilham paling tidak ada delapan keutamaan puasa syawal. “Pertama, nilai puasanya menjadi sempurna, yakni  puasa setahun penuh.

Kedua, dicintai Allah dan meraih ampunan dosa  seperti ditegaskan dalam Alquran Surah  Ali Imron ayat  31.

Ketiga, meraih syafaat Rasulullah dan bersama beliau karena menghidupkan sunnah belia.  “Siapa yg menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga.” (HR At Tirmidzi)

Keempat,  puasa syawal merupakan tanda jelas meningkatnya iman dan takwa seorang Muslim. “Karena  itulah disebut ‘Syawwal’ yang artinya bulan peningkatan,”

Kelima, puasa syawal adalah menutupi kekurangan selama puasa  Ramadhan.

Keenam,  di antara tanda ikhlas, gemar dengan  amal sunnah, kalau wajib ya kewajiban tetapi kalau sunnah adalah kerelaan seorang hamba mengabdi kepada Allah.

Ketujuh, puasa syawal merupakan salah satu cara   terbaik memupuk keimanan kepada Allah dan kecintaan kepada Nabi-Nya. 

Kesembilan, puasa syawal adalah hamba Allah yang beriman yang cerdas itu adalah semua sunnah dihidupkan sebagai bekal di akhirat kelak.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply