8 Juta Liter Zamzam Didistribusikan ke Pengunjung Masjidil Haram

 8 Juta Liter Zamzam Didistribusikan ke Pengunjung Masjidil Haram

8 Juta Liter Zamzam Didistribusikan ke Pengunjung Masjidil Haram (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Riyadh – Delapan juta liter air zamzam telah didistribusikan kepada pengunjung di Masjidil Haram, Mekah. Pendistribusian air zamzam dilakukan selama sepuluh hari bulan suci Ramadan.

Dilansir dari Arab News pada Kamis (14/04), delapan juta liter tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai. Hal itu juga dilakukan melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid.

Selain itu, petugas juga membagikan 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan. 58 gerobak dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Lebih dari 100 karyawan telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid. Sejumlah 100 di antaranya bertugas untuk membagikan dan mengkoordinir jamaah.

Para petugas menyambut pengunjung, mengarahkan pengunjung, mengatur arus massa. Mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa.

Masjid juga telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadan oleh 4.000 karyawan. Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply