8 Amalan di Bulan Rajab

 8 Amalan di Bulan Rajab

HIDAYATUNA.COM – Rajab diambil dari kata “tarjib” yang berarti “pengagungan”. Ada ulama juga mengatakan rajab artinya “Ashab” yang berarti “mengalir/menuang”, kenapa demikian karena di bulan rajab mengalirnya Rahmat Allaah bagi orang-orang yang bertaubat. Ulama juga berkata, “Bulan rajab bulan untuk menanam, Sya’ban untuk menyiram dan Ramadhan untuk memanen.

Diantara amalan yang baik dilakukan pada bulan rajab adalah Berpuasa, memperbanyak Istighfar juga Memperbanyak berdoa. Terkait berdoa ini banyak hadis yang menyebutkan bahwa malam pertama bulan rajab adalah salah satu malam yang maqbul untuk berdoa, diantaranya adalah hadis berikut :

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خَمْسُ لَيَالٍ لا تُرَدُّ فِيهِنَّ الدَّعْوَةُ: أَوَلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَلَيْلَةُ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ النَّحْرِ

Artinya : Rasulullah SAW bersabda ” Ada Lima Malam yang pada malam tersebut Allah SWT tidak akan menolak doa hambanya, yaitu malam pertama bulan rajab, malam ke-15 bulan sya’ban, malam jum’at, malam Idul Fitri dan malam Idul Adha.”

Berikut kami rangkum 8 amalan yang dianjurkan selama bulan rajab yang bersumber dari beberapa kitab, diantaranya Mukasyifatul Qulub karya Imam Al-Ghazali, Kanzun Najah Wa Surur karya Syeikh Abdul Hamid Quds & Durratun Nasihin karya Syeikh Utsman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khubari dan lain-lain.

  1. Doa ketika masuk bulan Rajab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَـعْبَانَ وَبَلِّـغْنَا رَمَضَانَ

Artinya : “Yaa Allaah berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban, serta perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan“.

2. Berpuasa dibulan Rajab

قال رسول الله: من صام ثلا ثة ايام من شهر حرام كتب له ثواب عباده تسعمائة سنة

Artinya, “Barangsiapa berpuasa dibulan haram selama tiga hari maka dituliskan baginya pahala ibadah sebanyak 900 tahun.”

Lafadz Niat puasa sunnah rajab adalah sebagai berikut : نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

3. Membaca Istighfar Rajab

ّرب اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Fadhilahnya : ” Barangsiapa yang membaca Istighfar ini sebanyak 70× dibulan Rajab maka niscaya kulitnya tidak akan disentuh oleh Api Neraka. (Dibaca setelah sholat shubuh dan isya’ caranya: setelah salam tanpa merubah posisi duduk tahiyat akhir, langsung membaca doa dibawah ini 70X).

Para Ulama berkata, Rajab adalah bulan untuk kita memperbanyak istighfar, sya’ban bulan untuk memperbanyak shalawat, ramadhan bulan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an.”

4. Membaca Doa ini antara Dzuhur dan Ashar di bulan Rajab (70×)

اَسْـتَغْفِرُ الله َ الْعَظِيْمَ الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلاَ نَفْعًا وَلاَ مَوْتًا وَلاَ حَيَاةً وَلاَ نُشُوْرًا

5. Membaca 3 Wirid berikut ini selama 30 hari di Bulan Rajab

(dibaca 100X pada 10 Hari Kertama bulan Rajab) سُـبْحَان الله الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ

(Dibaca 100X pada 10 Hari Kedua bulan Rajab) سُـبْحَانَ الله ِ اْلأَحَدِ الصَّمَدِ

(Dibaca 100X pada 10 Hari Ketiga Bulan Rajab) سُـبْحَان الله الرَّؤُوْفِ

6. Membaca “Sayyidul Istighfar” 3X (Pagi dan Sore)

اَللَّهُم َّ أَنْتَ رَبِّيْ لآ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْـتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّه لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنت

7. Membaca Wirid Berikut (35X pada Hari Jum’at terakhir bulan Rajab saat Khotib diatas mimbar

اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ × ٣٥

Amaliyah Ijazah dari Al Habib Ahmad Bin Abu Bakar Bin Ali Bin Al Imamul Qutbh Ghoust Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik. Fadhilahnya “Barangsiapa yang mengamalkannya, maka tidak akan terputus uang di tangannya ditahun itu (diberi keberlimpahan rizki).”

8. Membaca Doa berikut ini setiap selesai sholat fardhu

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وقراءة القرآن

Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply