4 Amalan Sunah Terbaik di Hari Jumat

 4 Amalan Sunah Terbaik di Hari Jumat

4 Amalan Sunah Terbaik di Hari Jumat

HIDAYATUNA.CO, Jakarta – Hari Jumat adalah sebuah hari yang oleh Allah SWT disebut sebagai sebaik-baiknya hari. Berikut 4 Amalan Sunah Terbaik di Hari Jumat.

Apa saja amalan sunah di hari Jumat yang perlu untuk diketahui dan diamalkan oleh semua umat muslim? Kedudukan hari Jumat dalam Islam adalah sayyidul ayyam yakni rajanya para hari.

Itulah mengapa dalam menyambut hari Jumat terdapat beberapa amalan sunah yang bila dilakukan akan mendatangkan pahala.

Nah, berikut ini 4 Amalan Sunah Terbaik di Hari Jumat yang penting untuk kalian ketahui sebagaimana yang telah dihimpun oleh tim redaksi Hidayatuna.com.

Amalan pertama, pada hari Jumat adalah umat Islam dianjurkan untuk membersihkan diri.

Dalam amalan ini, kalian dianjurkan untuk melakukan mandi besar, kemudian memotong kuku, menyemprotkan parfum pakian, menyisir rambut dan tentu saja sangat dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang bersih dan suci.

Selanjutnya amalan kedua, membaca surah Al-Kahfi.

Surah ini dibaca untuk bisa menghadirkan ketenangan selama satu pekan. Membaca surah ini bisa dilakukan di malam atau siang hari.

Amalan ketiga, membaca surah Yasin.

Selain surah Al-Kahfi, surah Yasin menjadi ladang memanen amalan sunah di hati Jumat. Hadis yang diriwayatkan Abu Daud menegaskan, “Barang siapa membaca surah Yasin dan As-Shaffat di hari Jumat maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. Abu Daud).

Amalan keempat adalah melakukan sedekah.

Bersedekah menjadi amalan sunah di hari Jumat yang pahalanya istimewa. Untuk amalan terakhir yakni kelima, perbanyak membaca zikir dan shalawat. Zikir dan shalawat amat penting bagi bekal kehidupan di akhirat nanti.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply