20 Video Manasik Panduan Haji Dari Kemenag Tayang di YouTube

 20 Video Manasik Panduan Haji Dari Kemenag Tayang di YouTube


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam upaya memberikan panduan kepada para calon peserta jamaah haji dan umrah, Kementerian Agama (Kemenag) merilis 20 serial video manasik secara online.

Video manasik ini ditayangkan perdana di saluran Youtube resmi Kemenag RI, pada Jumat (1/5) kemarin dan akan ditayangkan setiap hari selama bulan Ramadan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizi dalam keterangannya, dalam keterangan persnya yang diterima Hidayatuna.com, Sabtu, 2 Mei 2020.

“Video (panduan) ini salah satu inovasi sekaligus komitmen Kementerian Agama yang telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun manasik haji,” kata Khoirizi.

Ia menambahkan, sesuai UU Nomor 8 Tahun 2019, Pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan manasik kepada seluruh calon jemaah haji Indonesia.

Dalam suasana pandemi virus corona atau Covid-19 ini, maka kata Khoirizi, kegiatan manasik haji tidak mungkin dilaksanakan secara tatap muka. Untuk itu, maka dibuatkan pandauan manasik secara online dalam bentuk video.

Untuk memenuhi kewajiban Kemenag RI melalui Ditjen PHU melakukan adaptasi dan inovasi manasik haji dengan memberikan manasik secara online.

“Biasanya kita hanya melakukan manasik secara klasikal, yang tentunya hari ini tidak bisa dilakukan, karena tidak boleh mengumpulkan orang. Sehingga video ini menjadi alternatifnya,” kata Khoirizi.

Diharapkan video tentang pemahaman konseptual ibadah haji sekaligus tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah ini dapat dilihat dan diputar kapanpun, sehingga calon Jemaah haji nantinya dapat menguasai praktek diluar kepala dengan baik dan benar.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply