13 Napi Terorisme Ikrar Setia Kepada NKRI

 13 Napi Terorisme Ikrar Setia Kepada NKRI

HIDAYATUNA.COM – Sebanyak 13 Napi Terorisme Melakukan Ikrar Setia Kepada NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal Ini Sebagai Pencegahan Radikalisme

HIDAYATUNA.COM, Cilacap – Kepala Lapas Batu sekaligus Koordinator Lapas se-Nusakambangan Erwedi Supriyanto menyampaikan ada 13 narapidana kasus terorisme yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejak Januari hingga Februari ini sudah 13 napi terorisme berikrar setia kepada NKRI,” kata Erwedi Supriyanto seusai Media Gathering Resolusi Pemasyarakatan melalui Video Conference dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Nusakambangan, Kamis (27/2/2020).

Sebanyak enam napi terorisme mengucapkan ikrar setia kepada NKRI pada 6 Januari 2020. Sedangkan tujuh napi terorisme lainnya menyusul pada 11 Februari 2020.

“Di antara mereka (napi terorisme), ada yang terpidana mati. Untuk datanya saya belum tahu persis, nanti kami sampaikan lebih lanjut,” ujar Erwedi.

Akhir tahun lalu sebanyak 38 napi kasus terorisme juga telah mengucapkan ikrar setiap kepada NKRI.

Menurut Erwedi, ikrar kesetian kepada NKRI merupakan slaah satu dari 15 poin deklarasi resolusi pemasyarakatan 2020.

Berdasarkan data terbaru, saat ini terdapat hampir 200 napi kasus terorisme mendekam di sejumlah lapas yang berada di Pulau Nusakambangan dengan tingkat keamanan super maximum security, maximum security, dan medium security.

“Pembinaan napi terorisme juga dibantu oleh Kodim Cilacap dengan memberikan wawasan kebangsaan baru-baru ini. Dalam waktu dekat, juga ada seorang purnawirawan polri yang akan memberikan tausiyah di sini,” kata Erwedi. Program deradikalisasi juga dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply