10 Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

 10 Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

HIDAYATUNA.COM – Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang keberadaannya memiliki peran vital. Berbagai kegiatan keagamaan bahkan sampai kemasyarakatan bisa dilakukan umat Islam di masjid. Semakin banyak jumlah penduduk muslim suatu negara, semakin banyak pula kebutuhan akan masjid. Lantas negara mana yang memiliki jumlah masjid terbanyak?

Berikut Negara-negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia

10. Yaman

Masjid Al Saleh di Yaman
Masjid Hassan II Maroko

Yaman menjadi salah satu negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Negara yang tengah berkecamuk dalam perang ini memiliki sekitar 50.000 masjid didirikan dan menjadi penopang kegiatan keagamaan disana.

Satu-satunya negara yang berbentuk republik di Jazirah Arab ini memiliki masjid yang cukup banyak sebagai tempat ibadah bagi 23 juta jiwa penduduknya.

9. Maroko

Masjid Hassan II Maroko
Masjid Hassan II Maroko

Negara berbentuk monarki konstitusional parlementer ini memiliki setidaknya 51.000 masjid untuk menampung 33 juta populasi penduduknya. Salahsatu masji terbesar dan termegahnya adalah Masjid Hassan II yang dibagun tahun 1980 terletak di Casablanca, Maroko.

Sekedar informasi, Maroko adalah negara Afrika utara yang wilayahnya terbentang dari Laut Mediterania dan Samudra Atlantik.  Sebagian besar wilayhnya berupa pegunungan.

8. Iran

Masjid Nasir al-Molk Iran
Masjid Nasir al-Molk Iran

Negara Republik Islam ini memiliki 58.000 masjid. Iran merupakan sebuah negara Timur Tengah, lebih dikenal dengan Persia oleh dunia Barat.

Banyak masjid dengan arsitektur megah berdiri di Iran diantaranya Masjid Sheikh Lotfollah di Isfahan, Masjid Nasir al-Mulk di Shiraz, Masjid Sheikh Safi al-Din Khanegah di Ardebil, Masjid Syah-e Cheragh di Shiraz dan Masjid Imam di Isfahan.

Dunia Islam sempat berharap besar ketika terjadi Revolusi Iran tahun 1979 yang dipimpin oleh Ayatollah Khomaeini. Pasalnya peristiwa itu diyakini sebagai awal dari kebangkitan Dunia Islam.

7. Turki

Masjid Hagia Sophia Turki
Masjid Hagia Sophia Turki

Rpublik Turki merupakan salah satu pendiri Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang sebelunya memiliki sejarah panjang dalam kekhalifahan Islam. Wajar bila Turki menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia sekitar 82.000 masjid.

Salah satu masjid fenomenal dengan kekakyaan sejarah dan kemegahannya adalah Hagia Shopia yang dibangun pada tahun 537 M sampau 1453 M. Bulan Ramadan tahun 2022 ini menjadi momen penting dimana Hagia Sophia kembali menjadi tempat digelarnya salat tarawih untuk pertama kali setelah 88 tahun.

6. Arab Saudi

Masjidil Haram Arab Saudi
Masjidil Haram Arab Saudi

Arab Saudi atau Saudi Arabia merupakan negara yang berada di Asia Barat. Wialayahbya mencakup hampir seluruh kawasan semenanjung Arabia. Negara yang memiliki Ibu Kota Riyadh ini memiliki hamprt seratus ribu masjid, tepatnya 98.000 masjid.

Negara ini juga menjadi tujuan utama ibadah bagi umat muslim seluruh penjuru dunia, pasalnya Kakbah yang menjadi kiblat umat Islam berada dinegara ini di Mekah.

“Tanah Dua Masjid Suci” menjadi julukan yang akrab dan lekat dikenal untuk Arab Saudi karena keberadaan Masjidil Haram (Mekah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

5. Mesir

Masjid Muhammad Ali Mesir
Masjid Muhammad Ali Mesir

Mesir merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya berada dibenua Afrika ini memiliki 108.000 Masjid. Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan negara ini, karena Mesirlah negara pertama yang mengakui Kedaulan Indoneseia pada 17 Agustus 1945.

Universitas Al-Azhar yang menjadi puast pengkajian Sunni dan telah melahirkan berbagai ilmuan dan cendikiawan muslim di seluruh penjuru dunia berdiri di negara ini. Universitas tersebut juga berhubungan dnegan Masjid Al-Azhar di wilayah kairo kuno.

4. Pakistan

Masjid Faisal Pakistan
Masjid Faisal Pakistan

Pakistan merupakan negara yang terletak di Asia Selatan ini memiliki 120.000 masjid. Banyak sekali masjid dipakistan dengan arsitektur indah an megah salah satunya Masjid Faisal yang didirikan tahun 1987 di Islamabad.

Negara yang sering terlibat dalam konflik sengit dengan India ini memiliki penduduk 199 juta jiwa. 97% diantaranya beragama Islam beraliran Sunni dan sisanya Syiah serta Ahmadiyah.

3. Bangladesh

Masjid Baitul Mukarram Bangladesh
Masjid Baitul Mukarram Bangladesh

Bangladesh merupakan negara dengan penduduk kedelapan terbesar di dunia. Jadi sangat wajar jika memiliki 250.000 masjid sebagai tempat indah mayoritas penduduknya yang beragama Islam.

2. India

Masjid Jama India
Masjid Jama India

India mungkin lebih identik dengan agama hindu, tapi siapa sangka India memiliki 300.000 masjid. Jumlah yang cukup banyak ini masih belum cukup memenuhi kebuthan tempat ibadah umat muslim di India.

Islam merupakan agama dengan pemeluk terbanyak kedua di India, maka tidak heran di media massa kerap disiarkab bahwa muslim India kekurangan masjid, sampai menjadikan lahan parkir untuk melaksanakan salat jumat. Hal ini juga dengan sulitnya perizinan pendirian masjid baru di India.

1. Indonesia

Masjid Istiqlal Indonesia
Masjid Istiqlal Indonesia

Indonesia menjadi negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Tidak kurang 800.000 berdiri diseluruh penjuru nusantara.

Lima provinsi dengan masjid terbanyak sebagai berikut Lampung (12.000 masjid), Sulawesi Selatan (14.313 masjid), Jawa Timur (48.947 masjid), Jawa Tengah (50.549 masjid) dan Jawa Barat (58.979 masjid).

Hal ini sangat wajar karena memang mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk muslim di Indonesia sebanyak 237,53 juta jiwa per 31 Desember 2021.

 

 

 

 

 

 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply